Minggu, 18 April 2010

Format audio

Format audio
Suatu format file audio adalah format file untuk menyimpan data audio pada sistem komputer. Ini bisa menjadi bitstream mentah, tetapi biasanya format kontainer atau format data audio dengan lapisan penyimpanan didefinisikan.

Pendekatan umum terhadap menyimpan audio digital adalah contoh tegangan audio yang, pada pemutaran, akan sesuai dengan tingkat tertentu sinyal dalam saluran individu dengan sejumlah resolusi tertentu bit per sampel-dalam interval tertentu (membentuk sample rate ). Data ini dapat kemudian disimpan tidak dikompresi, atau kompresi untuk mengurangi ukuran file.

Jenis format

Penting untuk membedakan antara format file dan codec. A codec melakukan encoding dan decoding audio data mentah sedangkan data itu sendiri disimpan dalam file dengan format file tertentu audio. Sebagian besar dari format file audio didokumentasikan publik dapat dibuat dengan satu dari dua atau lebih encoders atau codec. Meskipun kebanyakan format file audio hanya mendukung satu jenis data audio (dibuat dengan coder audio), sebuah wadah format multimedia (sebagai MKV atau AVI) dapat mendukung beberapa jenis data audio dan video.

Ada tiga kelompok utama dari format file audio:

* Tak terkompresi format audio, seperti WAV, AIFF, AU atau mentah kurang header-PCM;
* Format dengan kompresi lossless, seperti FLAC, Monkey's Audio (nama file ekstensi APE), WavPack (nama file ekstensi WV), Mempersingkat, TTA, ATRAC Advanced Lossless, Apple Lossless, MPEG-4 SLS, MPEG-4 ALS, MPEG-4 DST , Windows Media Audio Lossless (WMA Lossless).
format * dengan kompresi lossy, seperti MP3, Vorbis, Musepack, AAC, ATRAC dan lossy Windows Media Audio (WMA).

Lossless format kompresi audio

Sebuah format terkompresi lossless lebih memerlukan waktu pemrosesan dari sebuah format yang tidak terkompresi namun lebih efisien dalam penggunaan ruang.

format audio terkompresi encode baik suara dan keheningan dengan jumlah yang sama bit per unit waktu. Encoding satu menit terkompresi dari keheningan absolut menghasilkan sebuah file dengan ukuran yang sama dengan pengkodean satu menit terkompresi musik orkestra simfoni. Dalam format kompresi lossless, bagaimanapun, musik akan menduduki file sedikit lebih kecil dan keheningan mengambil hampir tidak ada ruang sama sekali.

format kompresi lossless (seperti 5 [paling luas] FLAC, WavPack, Monkey's Audio, ALAC / Apple Lossless) menyediakan rasio kompresi sekitar 2:1. Pembangunan di format kompresi lossless bertujuan untuk mengurangi waktu pemrosesan dengan tetap menjaga rasio kompresi yang baik.

Buka file format

* Gsm - dirancang untuk penggunaan telepon di Eropa, gsm adalah format yang sangat praktis untuk kualitas suara telepon. Itu membuat kompromi yang baik antara ukuran file dan kualitas. Perhatikan bahwa file wav dapat juga dikodekan dengan codec gsm.
* DCT - Sebuah format codec variabel dirancang untuk dikte. Ini memiliki informasi header dikte dan dapat dienkripsi (sering diharuskan oleh undang-undang kerahasiaan medis).
* Suara - format suara yang paling sering menggunakan dialogis ADPCM (Adaptive Differential Pulse Code Modulation) codec. Mirip dengan format ADPCM lain, kompres untuk 4-bit. Vox format file yang mirip dengan file gelombang kecuali bahwa file suara tidak berisi informasi tentang file itu sendiri sehingga sample rate codec dan jumlah saluran pertama harus ditetapkan untuk memutar file suara.
* Aac - Advanced Audio Coding format didasarkan pada standar MPEG2 dan MPEG4. file aac biasanya ADTS atau kontainer ADIF.
* Mp4/m4a - MPEG-4 audio yang paling sering AAC tapi kadang-kadang MP2/MP3, MPEG-4 SLS, CELP, HVXC dan jenis objek didefinisikan lainnya audio dalam MPEG-4 Audio
* Mmf - Samsung format audio yang digunakan dalam nada dering.

Tidak ada komentar:

Followers